Gamang Jadi Oposisi?

Jauh hari setelah penetapan final pemenang PILPRES 2009 oleh KPU, PDIP maupun GOLKAR belum menentukan sikap politik untuk lima tahun ke depan. sepertinya mereka masih gamang menentukan pilihan : menjadi OPOSISI atau MITRA KOALISI Pemerintah yang berkuasa.

Di negara yang sudah mapan demokrasinya, misalnya AS dan Inggris, pilihan menjadi lebih mudah. Atau malah tidak ada pilihan. Partai pengusung calon presiden yang kalah, otomatis jadi oposan. PDIP mengikuti aturan ini, setelah megawati kalah pada PILPRES 2004 yang lalu. namun mengapa kali ini PDIP terkesan ragu?

Ada dugaan PDIP lebih merasa menjadi pecundang daripada partai oposisi. Terlalu fokus mengkritisi kebijaksanaan pemerintah yang tidak populer, PDIP malah terkesan lebih mengutamakan kepentingan partai daripada kepentingan rakyat. Karena apa? Karena tidak ada solusi nyata yang mereka tawarkan. Juga tak pernah ada tindak lanjut ketika akhirnya pemerintah keukeuh melaksanakan kebijaksanaan yang mereka kritisi. Mungkin itu penyebab mengapa pemerintah sampai berani menaikkan harga BBM berulang kali.

Sementara GOLKAR merasa sebagai partai kekaryaan dan tak punya tradisi sebagai oposan, sehingga merasa lebih nyaman menjadi partai mitra pemerintah.

Menurut saya ada jalan tengah bagi kedua partai besar tersebut. Hanya dengan fokus pada kepentingan rakyat, mereka dapat mengambil peran kedua-duanya. Sebagai oposan, sekaligus mitra pemerintah.

Artinya, partai-partai tersebut tidak hanya mengkritik kebijaksanaan pemerintah yang dianggap tidak pro rakyat. Namun juga memberi solusi atau alternatif dan bersama-sama pemerintah menyusun kembali kebijaksanaan tersebut. Kalau toh kebijaksanaan yang telah mereka susun ulang, tetap gagal dan berdampak negatif terhadap kehidupan rakyat, jangan lantas lari dan menimpakan kesalahan pada pemerintah saja. Beranilah ikut bertanggung-jawab!

Saya yakin jika mereka tulus menjalankan kedua peran tersebut di atas, sebagai oposan yang bijaksana sekaligus mitra koalisi yang bertanggung-jawab, pasti rakyat akan tepap dapat melihat jasa-jasa mereka!

Masih kebingungan menentukan peran? Tidak lagi, kan?

One response to “Gamang Jadi Oposisi?

  1. Singal Agustus 21, 2009 pukul 8:23 am

    Semoga mereka tetap memikirkan kepentingan rakyat adalah yang paling utama

    –BENER, BANG. KEPENTINGAN RAKYAT! INI KUNCINYA!–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s