PERPU Plt kpk: SBY Pertaruhkan Citra

foto detiknews
foto detikNews

SBY mesti bersikap ekstra hati-hati jika bersikukuh mengeluarkan PERPU Pengangkatan Pejabat Pelaksana Tugas Sementara Pimpinan KPK. Sementara urgensi pengeluaran perpu tersebut mendapat tanggapan negatif dari masyarakat dan pengamat, karena dianggap sebagai bentuk interfensi Pemerintah, yang belum diperlukan, setidak-tidaknya untuk saat ini.

bolehkomentar.com-Seperti yang menjadi pembicaraan belakang ini, SBY bermaksud mengeluarkan PERPU pengangkatan Plt sementara pimpinan KPK, untuk menggantikan tiga pimpinan KPK yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Hal ini dilakukan untuk mengisi kekosongan sampai adanya kepastian hukum ketiga pimpinan tersebut, atau selama seleksi pimpinan KPK yang baru jika perlu penggantian.

Kita tentu harus berpikir positif tentang maksud baik SBY untuk menjamin kinerja KPK tetap baik. Namun jika pengangkatan ini menimbulkan masalah di tubuh KPK, masyarakat mungkin akan menilai kebijaksanaan SBY ini adalah bagian dari konspirasi untuk melemahkan KPK.

Mungkin sebaiknya Presiden menyerahkan perlu tidaknya pengangkatan Plt pimpinan KPK ini kepada kebijaksanaan kedua pimpinan KPK yang tersisa? Toh mereka yang lebih tahu soal ini.

Kalaupun Presiden bersikukuh untuk mengeluarkan PERPU, sebaiknya beliau tidak memasukkan orang luar, terutama dari Kepolisian atau Kejaksaan Agung. Sebaiknya Presiden berkomunikasi dulu dengan pimpinan KPK untuk mendapatkan orang dalam KPK yang layak untuj jabatan sementara ini.

Terakhir, Presiden harus segera mengumumkan dulu orang-orang yang akan diangkat, untuk mendapatkan penilain kritis dari masyarakat dan pengamat. Kita berharap Presiden tidak memasukkan KUDA TROYA ke dalam institusi KPK.

One response to “PERPU Plt kpk: SBY Pertaruhkan Citra

  1. romailprincipe September 22, 2009 pukul 2:36 pm

    Usaha massive dan sistemik telah dimulai dari April 2009, bahkan jauh sebelum itu, dalam operasi intelijen senyap…berlanjut dengan pileg, pilpres, character assasination KPK, dll, dsb…
    lihat saja nasib aulia pohan sehabis ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s