Munas Golkar dan Gempa Sumatra Barat

Bagi yang suka “otak-atik gathuk”, MUNAS VIII GOLKAR yang diselenggarakan di Pekanbaru Riau bisa menjadai bahan gunjingan yang mengasikkan. Mendekatnya tempat MUNAS dengan pusat kerusakan maha dahsyat akibat gempa di Sumatra Barat, dapat dianggap sebagai pertanda semakin dekatnya GOLKAR dengan kehancuran. Benarkah?!

Photo-wikibolehkomentar.com|wikipedia. Seperti yang kita ketahui, paska ambruknya ORDE BARU dan lengsernya Soeharto, praktis SANG POHON BERINGIN menjadi goyah. Kalaupun masih bisa bertahan, itu bukan karena kekuatan akarnya yang menghujam ke bumi, melainkan karena masih ada orang-orangnya yang berjibaku untuk menopangnya. Sementara yang lain meninggalkan partai, karena sudah tak sepaham. Lainnya ngacir cari selamat karena tak mau kecipratan noda partai yang sedang ramai dihujat. Hasilnya… kekalahan pertama dalam pemilu yang selalu dimenangkannya.

Pada Pemilu Kegeslatif 2004, meskipun berhasil menadi pemenang mengungguli PDIP, GOLKAR gagal mengantar calon presiden hasil konvensi, Wiranto, untuk menduduki kursi RI-I pada Pemilihan Presiden pertama yang dilakukan secara langsung. Namun dengan cara yang aneh mampu mendudukkan salah satu orangnya, Jusuf Kalla untuk mendampingi sang pemenang, Susilo Bambang Yudhoyono. lalu pada tahun 2009 ini kembali GOLKAR menelan kekalahan di duam medan tempur demokrasi: Pemilihan Umum Legeslatif dan Pemilihan Presiden.

Banyak yang beranggapan kegagalan beruntun yang dialami Partai GOLKAR akibat adanya krisis kepemimpinan dan ketidak kompakan antara para kader, yang terkesan jalan sendiri-sendiri.

Lalu apa hubungannya dengan gempa bumi yang meluluh lantakkan Sumatra Barat?

Seperti yang kita ketahui dari pemberitaan di berbagai media, kerusakan yang terjadi akibat gempa sangat mengerikan. ratusan orang ditemukan meninggal di bawah puing gedung-gedung yang roboh, dan ratusan lainnya belum ditemukan. Ribuan lainnya mengalami luka ringan sampai berat. Ribuan rumah dan gedung rusak dan roboh. Bahkan dikabarkan tiga desa beserta penduduknya musnah tertimbun longsoran tanah.
Namun jika pemerintah, seluruh rakyat dan pihak-pihak terkait segera bangkit semangatnya, menyatukan hati, tekat dan upaya untuk membangun kembali, bukan tidak mungkin wilayah yang kini hancur lebur itu menjadi tempat yang lebih baik daripada sebelumnya.

Demikian pula dengan Partai GOLKAR. Jika mereka telah sadar atas kehancuran yang terjadi atau mungkin akan terjadi, dan segera bangkit bersatu menegakkan kembali pohon beringin yang nyaris roboh itu, tidak mustahil GOLKAR akan mencapai zaman keemasan yang tentu saja lebih baik daripada zaman ORBA dulu.

Menurut saya itu pula yang menjadi tujuan diselenggarakannya MUNAS, selain untuk memilih ketua umum yang baru, untuk menggantikan Jusuf Kalla. Tetapi semua itu tergantung pada kemauan para kader yang sedang mengikuti MUNAS. Kita tunggu saja hasilnya!

One response to “Munas Golkar dan Gempa Sumatra Barat

  1. Jual Rumah Oktober 8, 2009 pukul 2:52 am

    Munas golkar kali ini tampak sangat meriah…
    semoga saja kemeriahan ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik bagi partai yang sangat berkuasa pada masa orde baru.

    dimana munas ini bisa menghasilkan ketua umum yang benar2 berbobot serta memiliki jam terbang yang sangat mumpuni…
    para kandidat telah banyak memberikan opini serta langkah2nya jika terpilih menjadi ketua umum partai beringin ini.

    semoga partai besar ini bisa membersihkan nama baiknya setelah beberapa tahun terakhir selalu dikaitkan dengan para pelaku korupsi.
    semoga saja partai ini bisa mengembalikan kepercayaan para kader agar terus berjuang untuk golkar dan negara tercinta ini.
    Rumah Murah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s