Irwasum: Susno Duadji Tidak Bersalah!

Kasus penyalahgunaan wewenang dan suap yang melibatkan pejabat tinggi, sering tidak atau lambat terungkap bukan karena kurang bukti, melainkan karena melibatkan banyak pejabat lain di dalamnya, yang akan saling melindungi. Oleh karena itu pengungkapannya harus melibatkan Tim Independen dari luar yang mempunyai integritas tinggi. Lalu bagaimana dengan pemeriksaan Irwasum MABES POLRI terhadap Komjen Susno Duadji?

foto-wikipediabolehkomentar.com | foto wikipedia. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap komjen Susno Duadji, Inspektorat Pengawasan Umum MABES POLRI menyatakan Kabareskrim POLRI tidak bersalah. Pemeriksaan ini terkait laporan pengacara wakil Ketua KPK non-aktif, Chandra M Hamzah dan Bibit Samad Rianto, atas dugaan penyalahgunaan wewenang dalam pemeriksaan kliennya dan penerimaan suap dari Budi Sampoerna.

Tentu saja keputusan Irwasum MABES POLRI ini membuat pengacara KPK kecewa. Mereka menganggap Irwasum bertindak gegabah, karena sebagai pelapor mereka belum pernah dipanggil untuk dimintai keterangan. Mereka berjanji akan meneruskan kasus ini sampai tuntas.

Sekarang kita berbaik sangka saja, bahwa Irwasum telah bertindak profesional dan Komjen Susno memang benar-benar tidak melakukan apa yang dituduhkan terhadapnya. Kalau Susno bersalah, mengapa Irwasum atau petinggi POLRI lainnya harus melindunginya?

Seperti yang saya katakan di awal tulisan, kasus suap di sebuah instansi, seringkali melibatkan banyak oknum di dalamnya. Walaupun pelaku suap hanya berurusan dengan seorang CONTACT PERSON. Karena urusannya memang melibatkan banyak pejabat, sebagai peserta aktif maupun pasif. Jadi uang suap itu akan meluber ke pejabat lain di bawahnya, yang selevel atau pejabat di atasnya, sebagai uang tutup mulut, imbalan atas keikutsertaan dalam permainan ini atau sebagai upeti.

Nah kalau sudah menggurita begini, pasti sulit untuk mengungkapnya, karena mereka tentu akan saling melindungi. Sekali lagi saya mencoba berpikir positif, tidak begini kasus yang terjadi terkait dugaan suap terhadap Kabareskrim ini.

Semoga harapan saya itu tidak terlalu tinggi, dan pengacara KPK salah dalam menilai Susno Duadji.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s