Ini Panggung Pertunjukkan Anda

Jika harus mewujudkan semua idealisme para pengamat dan beragam keinginan dari berbagai kelompok masyarakat, mungkin separo atau lebih masa pemerintahan SBY-Boediono, akan habis hanya untuk menyusun dan merombak kabinet. Lalu kapan mereka mulai bekerja mengejar target yang telah ditetapkan?

foto-mediaindonesia
Are you ready? | foto Media Indonesia

Bahkan belum lagi mulai bekerja, kabinet indonesia bersatu telah menuai kritik dan kontroversi seputar komposisi dan kapabilitas serta kredibilitas individu sang menteri. Misal kontroversi terpilihnya MENKES Endang Rahayu Sedyaningsih, pada detik-detik pengumuman susunan kabinet. Di mata beberapa pengamat pengangkatan Endang, yang mendukung keberadaan Laboratorium NAMRU-2 milik AL AS, patut diduga melibatkan kepentingan asing, dalam hal ini Amerika Serikat.

Belum lagi adanya keberatan beberapa kelompok masyarakat terhadap beberapa menteri yang dianggap bermasalah. Ada juga masalah tidak terwakilinya putra daerah pada kabinet bentukan SBY-Boediono, yang diprotes keras sehingga menimbulkan bentrok fisik di Maluku.

Lalu bagaimana sebaiknya Presiden SBY menyikapi semua ini? Bolehlah kalau Beliau mengganggap susunan kabinet telah final sejak dilantiknya para Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri pada hari kamis 22 Oktober kemarin. Boleh juga Beliau berpendapat, bahwa sekarang adalah waktunya bekerja bukan larut dalam adu wacana. Namun demikian, Beliau harus tetap memperhatikan kritik dan masukan dari para pengamat dan masyarakat pada umumnya.

Bagi para pengamat politik, ekonomi, hukum dan sebagainya, “meskipun benar-benar pinter, jangan keminter”. Jangan sombong! sampaikan kritik secara bijaksana dan manusiawi, agar yang dikritik tidak memandang siapa yang mengkritik, tetapi apa kritiknya! Dan tetaplah berbicara, karena hanya dengan terus berbicara, Anda akan memperoleh hasil.

Akhirnya selamat berkarya pak SBY, pak Boediono beserta para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu-2. Ini panggung pertunjukkan Anda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s