Jelang Hak Angket DPR Harus Lebih Fokus

gambar ekodeto

Dalam melaksanakan hak angket BANK CENTURY, hendaknya DPR tidak keras di awal tetapi lembek sesudahnya, karena persiapan yang kurang matang dan lemahnya pemahaman.

BOLEHKOMENTAR.COM. Pelaksanaan hak angket DPR terkait BANK CENTURY GATE nampaknya tinggal menunggu waktu. Semua fraksi, termasuk dari Partai Demokrat, telah menyatakan dukungannya. Dukungan dari rakyat juga telah mereka dapat, terbukti dengan makin maraknya demonstrasi yang menuntut pengungkapan skandal BANK CENTURY.

Dalam waktu yang tersisa, ada baiknya TIM PENGGAGAS HAK ANGKET BANK CENTURY dan Anggota Dewan tidak terlalu asyik berwacana dan melakukan road show kemana-mana untuk mencari dukungan dari individu maupun kelompok masyarakat tertentu. Jika kinerja mereka baik, dukungan dari rakyat adalah sebuah keniscayaan. Seharusnya mereka lebih fokus untuk lebih mendalami kasus dan mengumpulkan lebih banyak fakta dan data terkait adanya dugaan penyelewengan kebijaksanaan penyelamatan BANK CENTURY dan penyelewengan dana talangan yang dikucurkan ke bank tersebut. Tak elok jika mereka hanya berbekal fakta, data dan pengetahuan atau pemahaman seadanya untuk menjalankan hak konstitusionalnya itu.

para Anggota Dewan juga harus menyamakan fisi dan misi dulu agar tidak terjadi perbedaan persepsi yang terlalu tajam, yang berpotensi menimbulkan konflik diluar materi utama HAK ANGKET. Hal ini sangat penting, karena diluar yang mereka nyatakan ke publik, masing-masing fraksi atau Anggota Dewan pasti mempunyai kepentingan dan agenda tersendiri.

Satu hal lagi yang paling penting, Anggota Dewan atau DPR hendaknya dapat bertindak profesional, jujur dan bijaksana dalam melaksanakan haknya. Jangan cuma, maaf, HANGAT-HANGAT TAHI AYAM, hangat di awalnya, namun lembek dan bau juga akhirnya. Rakyat pasti tidak suka!

2 responses to “Jelang Hak Angket DPR Harus Lebih Fokus

  1. Singal November 30, 2009 pukul 8:28 am

    Biasalah pak, mereka mungkin mau menunjukkan jubahnya, jubah pahlawan, maka perlu road show.

  2. qflee Desember 2, 2009 pukul 9:04 pm

    Saya sendiri kurang yakin kalau kasus BC ini murni untuk kepentingan rakyat.
    Lebih banyak nuansa politis dibaliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s