204 Juta Harga Sebuah Email

Selamat pagi, Saudara. Apakah Anda merasa gerah dengan keputusan pengadilan perdata yang menjatuhkan denda 204 juta kepada ibu PRITA MULYASARI?

https://suarabanget.files.wordpress.com/2009/12/bk-logo.pngBOLEHKOMENTAR.COM. 204 juta! Itulah denda yang harus dibayar ibu PRITA MULYASARI, atas email curhatannya yang dianggap mencemarkan nama baik RS OMNI INTERNATIONAL.

Mungkin keputusan pengadilan perdata ini benar menurut hukum dan adil bagi pihak penggugat. Namun dirasa tidak adil bagi pihak tergugat. Juga tidak adil kalau pengacara RS OMNI menyamakan kasusnya dengan kasus pencemaran nama baik terhadap putra dan tim sukses SBY oleh LSM BENDERA.

Ada suatu kejadian atau keadaan yang dirasa tidak nyaman selama ibu PRITA dirawat di RS OMNI. Dan beliau merasa pihak RS tidak atau belum memenuhi hak beliau yang dilindungi oleh UU KESEHATAN dan UU PERLINDUNGAN KONSUMEN.

Dalam memutuskan perkara dugaan pencemaran nama baik ini, Majelis Hakim seharusnya tidak hanya menggunakan pertimbangan hukum semata, namun juga pertimbangan kemanusiaan. Hakim seharusnya mempertimbangkan SUASANA HATI dan KEADAAN PSIKOLOGIS ibu PRITA MULYASARI saat menulis email dan mengirim kepada kawan milisnya. Bagi beliau curhatan ini mungkin merupakan satu-satunya jalan untuk mendapatkan perhatian selayaknya dari RS OMNI, ketika penyelesaian secara langsung tidak memenuhi harapannya. Lagi pula bukankah EMAIL PRITA yang dikirim kepada teman bersifat PRIVAT? Jika kemudian menyebar di antara para milis dan menyeruak ke publik, itu diluar kuasa beliau untuk mencegahnya.

Bahkan sekarang ini sangat debatable, apakah tercemarnya nama baik RS OMNI terjadi karena tersebarnya email ibu PRITA MULYASARI atau karena cara pihak RS menangani keluhan mantan pasiennya itu. Betapapun luasnya penyebaran email, masih kalah luas dibandingkan dengan penyebarluasan pemberitaan kasus pengadilan ibu PRITA yang dirasa tidak adil oleh masyarakat luas.

Semakin kuat pihak RS OMNI berpegangan pada pendiriannya, bahwa ibu PRITA bersalah telah mencemarkan nama baiknya, mungkin akan semakin nyinyir pandangan masyarakat luas terhadap RS OMNI INTERNATIONAL.

Dan bagaimana dengan Anda, apakah masih setia mendukung ibu PRITA MULYASARI dan tetap tidak takut bersikap kritis melalui MEDIA ONLINE?

5 responses to “204 Juta Harga Sebuah Email

  1. Andi Zulkifli Desember 4, 2009 pukul 7:26 am

    Saya coba mengutip pernyataan Pak Thamrin Tamagola di TVOne, bahwa Peradilan sekarang adalah tempat PEMBANTAIAN KEADILAN!

  2. BabaliciouS Desember 4, 2009 pukul 10:04 pm

    Komentar sedikit boleh? Turut prihatin dgn nasib bu Prita jika memang pokok gugatan ada pada email-nya. Tolong bilang ke dia, atau semua orang Indonesia dan dunia, gunakan WordPress.com untuk keperluan publikasi sejenis (curhat, opini, komplain) jika memang email dpt menimbulkan tuntutan hukum spt yg dialami bu Prita. Harap hubungi saya jika ada yg menggugat tulisan pribadi dan orisinil di blog wordpress kalian (mempermasalahkan secara hukum), atau diskusikan di Forum WP Indonesia. Saya pasti bantu mentahkan gugatan!

  3. sofwan.kalipaksi Desember 17, 2009 pukul 12:51 pm

    Yuk dukung Koin Prita Masuk Guinnes Books of Records; spy dokter-dokter di OMNI yang ndak punya nurani itu tambah malu… baca ya di sini:

    http://kalipaksi.com/2009/12/16/guinness-world-records-untuk-koin-prita/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s