Bolanya Ada Pada Mustar

Saat keluar dari kepolisian setelah menjalani pemeriksaan, Mustar Bona Ventura kembali menyatakan bahwa data yang mereka punya, tentang aliran dana Bank Century kepada TIM SUKSES dan Putra SBY adalah yang paling benar, karena belum ada data lain yang dipublikasikan sebagai pembanding. Menurut saya, logika yang dipakai aktivis BENDERA itu menggelikan. Sampai sekarangpun kita tak pernah tahu sejauh mana data yang dia punya dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya. Pihak atau institusi yang sedang mengusut kasus Bank Century, nampaknya juga tidak tertarik untuk menindak-lanjuti temuannya.

logoSejauh yang saya tahu dari media, KPK dan PANSUS CENTURY belum sekalipun memanggil mereka mereka untuk membeberkan data temuannya itu. Padahal kalau aktivis BENDERA itu dapat meyakinkan validitas data yang mereka miliki, ini merupakan temuan yang sangat berharga, untuk mengungkap dugaan aliran dana bailout Bank Century ke kocek TIM SUKSES DEMOKRAT dan SBY.

Bahkan kalau Mustar dan Ferdie enggan melaporkan data temuannya kepada Penegak Hukum yang sedang mengusut kasus tersebut, mereka dapat menitipkan kepada PDIP agar dibawa oleh anggotanya ke PANSUS CENTURY. Bukankah mereka dekat dengan parpol ini? Namun mengapa mereka memilih mempublikasikan sendiri ke publik? Mungkinkah mereka juga tak yakin, PDIP akan menggunakan data temuannya seperti harapan mereka? Ataukah ini hanya trik keduanya untuk mencari sensasi bagi kepentingan pribadi dan organisasinya.

Terus terang saya juga heran, mengapa Anggota PANSUS dari PDIP atau parpol lain, tidak tertarik untuk mengkaji data temuan LSM BENDERA ini di forum PANSUS. Sejauh yang saya tahu dari media, Mustar dan Ferdie belum pernah dipanggil untuk menjadi saksi di PANSUS. Padahal kalau benar, data ini sangat mendukung pembuktian dugaan awal para penggagas HAK ANGKET, bahwa ada penyelewengan dana dari Bank Century ke pundi-pundi partai Demokrat. Apakah merekapun menganggap data tersebut tidak valid dan ngawur?

Sekarang ketika kasus ini memasuki ranah hukum karena Ibas cs telah melaporkan Mustar dan Ferdie kepada polisi atas tuduhan pencemaran nama baik, dan polisi menindak lanjuti dengan melakukan pemanggilan dan penangkapan kepada tersangka, banyak pihak yang sinis terhadap aparat. Mereka menganggap hal ini telah mencidrai hak rakyat untuk mengkritik dan berpendapat. Padahal, polisi memang harus melakukan langkah-langkah ini, sebagai konsekuensi adanya laporan yang masuk dari pihak yang merasa dirugikan.

Sebagai warga negara yang baik dan bertanggung-jawab, sudah semestinya jika Mustar dan Ferdie mengikuti proses hukum, sebagai sebuah resiko dari keberaniannya mengungkap hal yang sangat peka ini. Sebuah resiko yang pastinya telah mereka pertimbangkan sebelumnya.

Kini bola kasus pencemaran nama baik Ibas cs ada pada mereka. Apakah mereka dapat membuktikan tuduhannya dan menjadi PAHLAWAN, atau sebaliknya langkah mereka akan terhenti dan berakhir sebagai PECUNDANG? Semua tergantung pada mereka!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s