Arti Sebuah Nama

Beberapa, mungkinkah mayoritas?, fraksi yang pada kesimpulan awal menyatakan adanya kesalahan dalam memutuskan kebijaksanaan pemberian bailout terhadap Bank Century, tetap akan menyebutkan nama pejabat yang bertanggung-jawab. Sementara beberapa fraksi akan memperlunak kesimpulannya dengan tidak menyebut nama. Apakah hal ini memberikan perbedaan?

logoTerbukti ada gunanya juga ketika PANSUS CENTURY memutuskan agar setiap fraksi menyatakan posisinya dalam kesimpulan awal. Sesuatu yang diluar kelaziman, jika kita mengacu pada pelaksanaan hak angket sebelumnya. Hasilnya, seperti yang kita tahu, 7 fraksi menyatakan ada kesalahan, dan hanya 2 fraksi yang berkesimpulan sebaliknya. Satu diantaranya tentu Fraksi Demokrat, yang sejak awal memosisikan diri sebagai bempernya Pemerintah dan SBY.

Meskipun Fraksi Partai Demokrat secara intensif mengadakan lobi ke sana kemari, dan dihembuskannya isue pergantian menteri yang berasal dari partai anggota koalisi, namun nampaknya skor 7-1 tak akan berubah. Karena fraksi-fraksi tersebut telah dikunci oleh kesimpulan awal yang telah disampaikan ke publik.

Namun apakah lobi-lobi Partai Demokrat tak menghasilkan apa-apa? Tidak juga! Dari berita-berita di media, nampaknya beberapa Fraksi akan memperlunak kesimpulan akhirnya dan tidak akan menyebut nama yang dipandang paling bertanggung-jawab atas terjadinya kasus skandal Bank Century ini.

Pertanyaan akhir yang mungkin menarik : apa perbeda dan pengaruh antara menyebut nama dan tidak menyebut nama? Sedangkan masyarakat, bahkan mereka yang mengikuti PANSUS CENTURY ala kadarnya, tahu siapa nama pejabat atau orang yang dianggap paling bertanggung jawab atas terjadinya bailout yang oleh mayoritas fraksi disimpulkan bermasalah dan masuk dalam kejahatan korupsi.

Bagi Partai Demokrat tentu sangat besar perbedaannya, karena dari ketetapan ini dapat membedakan antara PARPOL anggota koalisi yang layak tetap dirangkul atau yang harus ditendang. Kalaupun oleh alasan tertentu tak berani menendang PARPOL yang mbalelo, telah jelas posisinya di koalisi. Mungkin akan seperti anak nakal yang tak dihukum, tapi dicuekin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s