Menyambut Obama Dengan "Diam"

Pasti ada cara lain untuk mengekspresikan rasa tidak suka kepada OBAMA. Namun kalah populer dibanding aksi demonstrasi.

Jelang kunjungan kenegaraan OBAMA, beberapa elemen masyarakat telah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya dengan berdemonstrasi. Tak terkecuali Forum Umat Islam dan Hizbut Tahrir Indonesia yang telah melakukan pemanasan dengan menyebarkan panflet, spanduk dan materi cetak lainnya, yang jelas menunjukkan rasa tidak suka kepada Presiden negeri adidaya tersebut.

Syah-syah saja mereka berunjuk rasa menolak kehadiran OBAMA. Di era demokrasi ini masyarakat mempunyai hak untuk mengeksresikan rasa tidak suka, teristimewa kepada tokoh yang mereka anggap paling bertanggung jawab atas perlakuan buruk Pemerintah AS terhadap Umat Islam dibeberapa negara, misalnya di Afghanistan Irak dan Palestina.

Namun apakah aksi-aksi semacam ini dapat menarik perhatian Presiden AS dan membuat beliau berpikir untuk mengubah kebijaksanaan negeri adidaya itu, agar lebih ramah terhadap umat Islam di ketiga negara tersebut di atas?

Semua tahu hal itu sangat mustahil. Bahkan untuk mendekati rombongan OBAMA saja tidak akan bisa. Kalau memaksakan diri, ujung-ujungnya malah bentrok dengan aparat, yang justru lebih menarik perhatian media masa untuk mengeksploitasi kejadian memalukan itu. Apakah ini yang sebenarnya menjadi tujuan utama aksi tersebut?

Mengapa tidak kita cuekin saja kedatangan OBAMA? Tidak ada demonstrasi! Tidak ada caci maki. Tidak ada pembicaraan tentang beliau dan kedatangannya! Kita anggap beliau tidak ada dan tidak pernah berkunjung ke negeri kita.

Aksi bisu semacam itu mungkin akan lebih menarik perhatian dan terasa lebih menyakitkan bagi sang Presiden negeri Paman Sam. Kalaupun tidak, aksi diam ini mungkin bisa menjadi modus baru untuk mengekspresikan sikap dan pendapat. Mengapa tidak kita coba?

Foto dukumentasi detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s