Menjawab Tantangan Susno Duadji

Siapapun yang memeriksa Komjen SUSNO DUADJI, seharusnya langsung menukik ke substansi pidana terkait tuduhan adanya MARKUS di MABES POLRI. Bukan mendahulukan masalah etika, profesi atau dugaan pencemaran nama baik.

foto detikTerlalu sombong dan gegabah jika MABES POLRI buru-buru menyatakan, tidak ada MARKUS di tubuh institusi tersebut. Sementara pemeriksaan terhadap Komjen SUSNO DUADJI, masih berkutat pada persoalan kode etik dan profesi. Belum pada persoalan pokok yang dituduhkan mantan Kabareskrim.

KAPOLRI seharusnya memerintahkan kepada bawahannya agar mengesampingkan lebih dahulu masalah pelanggaran etika dan profesi, serta kasus tuduhan pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh Brigjen Raja Erizman dan Edmon Ilyas. Keduanya dituduh pak SUSNO merupakan MARKUS dalam kasus pajak senilai 25 milyar.

KAPOLRI harus mendorong jajarannya untuk berani langsung menukik jauh ke dalam substansi pidana dari tuduhan SUSNO DUADJI tentang adanya MARKUS di tubuh MABES POLRI.

Saya ingat, dalam suatu konperensi pers saat menjelaskan alasan beliau tidak memenuhi panggilan PROPAM, pak SUSNO akan buka-bukaan dan memberikan bukti-bukti yang dimiliki tentang adanya MARKUS dan kasus-kasus lain, jika langsung diperiksa substansi pidananya oleh BARESKRIM.

KAPOLRI dan segenap jajarannya, harus berani menerima tantangan SUSNO DUADJI. POLRI harus memandang hal ini sebagai kesempatan terbaik untuk menyucikan institusi dari segala macam penyelewengan dan penyalah gunaan jabatan, yang hanya akan menguntungkan beberapa gelintir orang, namun akan menjadi aib bagi jajaran kepolisian secara keseluruhan.

Atau terlalu banyak yang diuntungkan? Hal ini yang akan menjadi persepsi masyarakat, jika KAPOLRI dan jajarannya terkesan enggan untuk menyelidiki secara tuntas dan profesional tuduhan SUSNO DUADJI. Jika perlu pengungkapan kasus adanya MARKUS diperluas hingga ke seluruh jajaran POLRI sampai ke tingkat terendah. Mulai dari MAKELARAN KASUS yang beromset milyaran hingga yang jutaan, bahkan yang hanya ratusan ribu.

Baru setelah pengungkapan kasus MARKUS secara jujur dan profesional, MABES POLRI dapat kembali kepada masalah pelanggaran kode etik, profesi dan pencemaran nama baik yang dituduhkan kepada SUSNO DUADJI.

Foto dokumentasi detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s