“Nggak PDIP Banget!”

foto detikcomKONGGRES III PDIP telah berakhir dan ditutup hari kamis 8 april 2010, sehari lebih awal dari yang direncanakan. Semua nampaknya berjalan lancar, bahkan terlalu lancar, dan sesuai yang mereka rencanakan. Saking lancarnya, bahkan terkesan sangat membosankan terutama bagi kita-kita yang jauh dari hiruk pikuk konggres dan hanya mengandalkan TV dan media lain untuk mengikuti perkembangannya. Konon pada hari kedua-ketiga banyak simpatisan yang mulai pulang, karena KONGGRES sudah memasuki tahap rapat-rapat internal yang diselenggarakan secara tertutup.

Meskipun Megawati dan beberapa kader menegaskan, bahwa KONGGRES III yang berlangsung di Bali ini merupakan tonggak penting bagi kelangsungan dan perkembangan PDIP di masa yang akan datang, namun semangatnya tak tercermin pada pelaksanaan KONGGRES kali ini.

Dibuka dengan pidato politik sang Ketua Umum yang menuai banyak pujian, yang akhirnya ditetapkan sebagai MANIFESTO POLITIK PDIP, semuanya digariskan. PDIP tetap sebagai Partai Oposisi, Megawati sebagai calon tunggal dan ditetapkan sebagai KETUM periode 2010-2015, Megawati didaulat sebagai formatur tunggal penyusunan pengurus DPP, wacana Wakil Ketua Umum yang dimentahkan. Semua berjalan lancar tanpa hambatan.

Saya pikir, KONGGRES PDIP yang sebenarnya sudah selesai pada saat KONFERDA di Jakarta beberapa hari sebelum KONGGRES di Bali. Beberapa keputusan penting telah dibuat untuk ditetapkan secara formal pada KONGGRES yang terkesan sangat luar biasa itu. Tak apa kalau mereka membantah, karena pendapat saya juga bisa salah.

Sebenarnya ada satu agenda yang dapat menghidupkan KONGGRES Partai yang bernuansa warna merah itu, yaitu pengisian posisi SEKJEN untuk menggantikan Pramono Anung. Karena posisi Ketua Umum sudah diputuskan secara aklamasi tanpa pemilihan, bukankah lebih elok kalau untuk posisi SEKJEN diisi melalui pemilihan secara langsung, sebagai SIMULASI pemilihan Ketua Umum pada periode yang akan datang, ketika Megawati sudah tidak mau dicalonkan kembali?

Kesimpulannya, kalau meminjam istilah anak muda, KONGGRES III PDIP kali ini “NGGAK PDIP BANGET!”

Foto dokumentasi detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s