Bukan Pengacara Bla… Bla… Bla…

BABAK BARU perjalanan Komjen Susno Duadji dalam mengungkap borok di tubuh institusi tempatnya mengabdi telah dimulai. Tim Penyidik Independen MABES POLRI telah menetapkan beliau sebagai tersangka, ditangkap dan kini telah ditahan di markas BRIMOB. Tragisnya, beliau dijadikan tersangka penerima suap dan gratifikasi dalam kasus PT Salma Arowana Lestari, yang pertama kali beliau beberkan di depan anggota Komisi III DPR.

Penetapan sebagai tersangka dan penahanan sang PENIUP PELUIT ini segera menyulut pro-kontra di masyarakat. Tim pengacara mantan KABARESKRIM menganggap keputusan penyidik janggal dan tidak dilandasi bukti-bukti yang dapat dipertanggung jawabkan.

Banyak pengamat dan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, yang selama ini mendukung mantan Kapolda Jabar, menyuarakan hal yang sama dengan yang dinyatakan pak Susno dan tim pengacaranya.

Sangat wajar kalau mereka menyatakan keberpihakannya kepada Susno Duadji secara terbuka. Namun sangat tak wajar jika hal itu dilakukan Anggota DPR, baik secara sendiri-sendiri maupun mengatasnamakan institusi.

Sebagai Lembaga Politik, Anggota Dewan dan DPR, memang mempunyai kewenangan untuk mengawasi kinerja lembaga lain, baik lembaga eksekutif dan yudikatif. Namun agar dapat melakukan fungsi pengawasan itu secara profesional dan independen, Anggota Dewan dan DPR harus berdiri diatas atau diantara semuanya. Tidak lebih dekat atau lebih jauh.

Jadi dalam kasus Komjen Susno Duadji vs POLRI, seharusnya DPR tidak terang-terangan lebih berpihak pada Susno Duadji dan menyudutkan POLRI. Karena hal ini dapat menimbulkan bias dalam mengurai benang kusut perkara yang melibatkan Perwira Tinggi Non-Job itu dengan institusinya.

DPR juga jangan telalu cepat campur tangan, sementara proses hukum sedang berlangsung. POLRI harus diberi cukup waktu untuk menjalankan proses hukum, dan Susno Duadji juga diberi cukup waktu untuk melakukan perlawanan hukum menggunakan segala upaya hukum yang dimungkinkan. Seperti mengajukan gugatan praperadilan seperti yang akan dilakukan oleh Susno Duadji dan tim pengacaranya.

Terlalu dalam dan awal turun tangan justru bisa kontra produktif dengan tujuan penegakan hukum yang sedang diupayakan. Seperti kedatangan beberapa anggota Komisi III DPR ke BARESKRIM, untuk meminta keterangan langsung dari Susno Duadji seputar kasus yang sedang menerpanya, yang justru menimbulkan gesekan dan kesalah pahaman dengan seorang penyidik. Merasa dilecehkan, para anggota dewan itupun mulai mengumbar ancaman. Merekapun seolah-olah lupa dengan perlakuan beberapa anggota dewan yang kurang simpatik dan cenderung melecehkan saat mereka mengundang pihak-pihak tertentu dalam rapat dengar pendapat dan lain-lainnya.

Anggota DPR itu bukan pengacara atau bagian dari tim pengacara Susno Duadji, jadi jangan mengambil peran yang bukan peruntukkannya.

Saya jadi ingat pernyataan seorang anggota Komisi III DPR, kalau tidak salah Bambang Soesatyo. Mungkin karena terlalu bersemangat membela Susno Duadji, beliau sempat berujar: Komisi III akan memberikan PERLINDUNGAN HUKUM terhadap Komjen Susno. Padahal semua orang tahu, DPR adalah LEMBAGA POLITIK!

2 responses to “Bukan Pengacara Bla… Bla… Bla…

  1. Red Mei 12, 2010 pukul 5:21 pm

    alasan dpr mendukung susno adalah karena ia akan membuka mafia2 besar dibalik peradilan,. ditangkapnya susno ada dugaan nanti mafia2 hukum itu dipetieskan oleh polisi. bagaimana sob? apa sebagai whistleblower susno ini sebaiknya memang dilindungi? atau juga dituntut tanpa pandang bulu (asas kesamaan di depan hukum)?

  2. Tour, Food, and Health Mei 13, 2010 pukul 12:53 am

    ruwet bla bla bla…

    mencoba masuk ke situs anda, tapi tidak bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s