Edhi Baskoro Yudhoyono…Sekjen Baru Partai Demokrat?…Kolusi dan Nepotisme atau Prestasi?

ibas-detikcomSeorang politisi senior Partai Demokrat, Max Sopacua, menyatakan SBY telah merestui putranya IBAS ditunjuk sebagai Sekjen PD, untuk periode lima tahun ke depan.

Lebih lanjut Max menandaskan, bahwa penunjukan ini bukan KOLUSI…dan NEPOTISME! Sulit bagi saya untuk langsung percaya, karena menurut saya kemampuan politik Edhi Baskoro Yudhoyono belum benar-benar teruji, hingga dia layak menduduki posisi kedua di PD!

Pada Konggres Partai Demokrat yang telah lalu, saya sempat memuji SBY, baik selaku pribadi maupun Ketua Dewan Pembina,
yang LEGOWO memberi kesempatan luas bagi kader-kader muda berbakat untuk bertarung secara fair, memperebutkan kursi Ketua Umum Partai Demokrat. Sangat kontras dengan pemilihan Ketua Umum PDIP yang terkesan manipulatif dan enggan memberi kesempatan para kader muda untuk menggantikan bu Mega.

Namun penunjukan putra SBY yang akrab dipanggil IBAS sebagai Sekjen PD dan restu SBY atas penunjukkan putra keduanya itu, membuat penilaian saya terhadap PD dan SBY kembali berkurang.

Dalam pandangan saya, IBAS belum cukup matang untuk diposikan sebagai orang kedua partai pemenang pemilu 2009 yang lalu. Dia masih perlu diberi waktu dan kesempatan luas, untuk mengembangkan diri dan mengasah kemampuan dan naluri politiknya, untuk bisa benar-benar menjalankan fungsi kepemimpinan dan manajemen politik di dunia yang penuh intrik ini.

Diapun masih harus membuktikan kepada konstituen Partai Demokrat dan publik yang lebih luas, bahwa apa yang telah dia capai sampai detik ini adalah murni hasil kerja kerasnya sendiri. Bukan karena TUAH kebesaran nama sang ayah yang disandangnya.

Jika SBY ingin putranya bisa melampaui keberhasilannya membesarkan Partai Demokrat, beliau mestinya tak perlu buru-buru. Ibarat buah, biarkan IBAS matang di pohon sebelum dipetik. Jangan dipetik sebelum waktunya dan DIKARBIT agar cepat matang, namun juga cepat menjadi busuk sebelum memberi manfaat bagi banyak orang.


Foto dokumentasi detikcom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s