Dana Aspirasi 15 Milyar…GOLKAR Ngotot Memperjuangkan…Demi Pemerataan Pembangunan atau Keuntungan Politik?

Merasa didukung partai terbesar, Partai Demokrat, GOLKAR semakin mantap gulirkan usulan DANA ASPIRASI 15 M yang cukup kontroversial tersebut, dan yakin akan berhasil.

Kabarnya pembahasan dengan Menteri Keuangan akan dilakukan pada tanggal 15 juni, dan hasil yang telah disepakati akan diajukan ke Rapat Paripurna DPR tanggal 17 juni mendatang.

Meskipun menurut UU No 17 tahun 2003, DPR mempunyai kewenangan untuk mengusulkan anggaran, dan diembel-embeli dengan tujuan mulia untuk memeratakan pembangunan,namun menurut saya, usulan DANA ASPIRASI 15 M patut diduga syarat dengan kepentingan politik. Terutama bagi partai-partai besar, seperti GOLKAR dan DEMOKRAT.

Meskipun nantinya DANA ASPIRASI 15 M itu tidak dikelola secara langsung oleh anggota dewan, dana sumbernya dari kocek negara tersebut tetap atas nama anggota dewan dan PARPOL tempatnya bernaung. Hal ini merupakan upaya cerdik para pemrakarsa dan yang kemudian turut menyetujuinya, agar dapat memelihara daerah binaan politiknya, atas biaya negara. Serta berharap dapat menangguk keuntungan pada PEMILU 2014 kelak.

Menurut pemikiran saya, jika usulan anggaran tersebut MURNI untuk pemerataan pembangunan, seharusnya alokasinya PER DAERAH yang memang benar-benar membutuhkan. Bukan PER ANGGOTA DEWAN PER DAERAH PEMILIHAN!

Peran anggota dewan di sini adalah untuk memetakan DAERAH SPESIFIK yang akan mendapatkan kucuran dana dan alokasinya, dengan mengesampingkan kepentingan politik atas daerah-daerah yang diusulkan.

Tentu saja anggota dewan boleh mengusulkan DAPILNYA, atau daerah tertentu di dalam DAPILNYA, untuk mendapatkan alokasi dana tersebut. Namun harus diteliti dulu oleh sebuah tim tentang kelayakkannya. Bukannya langsung menerima secara pukul rata sama per anggota dewan per DAPIL semacam itu.

Alasan bahwa beberapa negara, seperti AS, Australia dan Malaysia juga menerapkan DANA ASPIRASI, tidak serta merta hal tersebut dapat diterapkan di Indonesia.

Alasannya cukup sederhana dan telah menjadi rahasia umum! MONEY POLITIK! Jangan bilang bahwa anda tidak paham tentang apa yang saya maksud!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s