Ibaz Yudhoyono…Menjawab Keraguan Publik Atas Kelayakannya Menjadi Sekjen Partai Demokrat

SUARABANGET.COM-Mestinya SBY, baik sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ataupun sebagai seorang ayah, tidak perlu menjawab secara langsung keraguan publik terhadap kemampuan Edhie Baskoro Yudhoyono memegang jabatan Sekjen PD termuda. Kesannya tanggapan SBY tersebut sangat pribadi banget.

Namun saya setuju banget pendapat beliau agar Ibas sendiri yang menjawab keraguan publik terhadap dirinya, dengan menunjukkan keberhasilan kinerjanya di waktu-waktu mendatang.

Sejatinya, keraguan publik terhadap kemampuan putra bungsu SBY sebagai Sekjen, tidak didasarkan pada umurnya yang masih relatif muda, namun…lebih pada minimnya pengalaman politik Ibas, yang setahu publik baru berkiprah di partai politik jelang pemilu legeslatif 2009 yang lalu. Dan selama itu pula publik tidak mengetahui secara pasti sepak terjang beliau di panggung politik Senayan, maupun di internal partai.

Dalam rentang waktu selama itu, publik hanya mengenal setidak-tidaknya tiga kader muda yang sangat menonjol di PD, yaitu: Anas Urbaningrum, yang kemudian terpilih sebagai Ketua Umum, Andi Malarangeng dan Marzuki Alie. Jelas sekali Ibas belum masuk hitungan.

Nampaknya bukan hanya harus menunjukkan kinerja terbaiknya, Ibas juga harus rajin bicara kepada publik, mengungkapkan pandangan-pandangan politiknya menyangkut berbagai peristiwa yang terjadi, serta apa saja yang akan dia lakukan untuk mencapai target politik partai, seperti yang diamanatkan Konggress II PD, beberapa bulan yang lalu. Beliau juga harus berani berdebat dengan para politikus muda lainnya, dalam forum-forum diskusi lintas partai. Hal ini penting agar publik percaya isi pemikiran politiknya tidak minim, meskipun masih hijau di pentas politik tanah air.

Ibas juga harus lebih berani mengekspresikan diri di DPR, lebih dari sekedar sebagai pelengkap untuk mencapai korum. Sebagai Sekjen sebuah partai besar dia tak dapat lagi bersikap seperti anggota dewan biasa. Dia harus lebih BERSINAR dari yang lainnya.

Baru setelah itu Sekjen termuda tersebut dan Partai Demokrat boleh berharap, setahap demi setahap keraguan publik terhadap kemampuannya menduduki jabatan penting itu akan terkikis, berganti dengan rasa kagum dan penghargaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s