Hari Legeslasi DPR…Untuk Apa?…Seharusnya DPR Mampu Menyeimbangkan Fungsi Legeslasi dan Pengawasan

foto detikcomSUARABANGET.COM-Jika separoh saja Anggota DPR kita mau bekerja secara profesional dan penuh dedikasi, mungkin tumpukan RUU yang belum selesai dibahas tak akan sebanyak ini. Coba bayangkan dari 70 RUU yang ditargetkan selesai tahun ini, baru EMPAT yang dapat diselesaikan. Bahkan jika lembur setiap hari, mustahil mereka dapat menyelesaikan 66 RUU sampai batas waktu yang tersisa. Kecuali jika mereka hanya akan menghasilkan UU ABAL-ABAL, yang akan mengantri di meja Mahkamah Konstitusi.

Saya jadi bertanya: INI KARENA MALAS DAN TAK MAU KERJA KERAS ATAU MEMANG TIDAK MAMPU? Atau karena mereka terlalu asyik ber-sparing partner dengan Pemerintah, menjalankan fungsi pengawasan secara berlebihan, sehingga mengabaikan fungsi legeslasinya?

Mungkin alasan kedua lebih tepat untuk menjelaskan fenomena tersebut di atas. Itulah alasannya mengapa pimpinan DPR mencanangkan DUA HARI LEGESLASI, yaitu hari rabu dan kamis.

Memang tugas legeslasi, selain memeras tenaga fisik dan pikiran, juga menyita banyak waktu, namun jauh dari pengamatan publik. Kecuali pada pembahasan RUU yang SEXY dan menarik perhatian publik… Jauh berbeda dengan Angket Century, rapat-rapat dengan KPK, POLRI dan institusi lain yang terbuka, ramai dan full publikasi.

Kesannya mereka mau melakukan campur tangan apa saja, jika ada kasus-kasus yang menyita perhatian publik. Untuk apa? Agar mereka terlihat sangat peduli?

Akan kita lihat setengah tahun ke depan, setelah pencanangan HARI LEGESLASI, apakah DPR mampu meningkatkan fungsi legeslasinya untuk menghasilkan lebih banyak UU yang berkualitas?

Atau masih akan larut dengan pola kinerjanya selama ini, yang terkesan hanya untuk cari muka di depan publik, sebagai modal awal menghadapi PEMILU 2014 mendatang.

Foto dokumentasi detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s