Rekening Gendut Perwira Polisi…Apa Anehnya POLRI Gugat Majalah TEMPO?

foto okezoneSUARABANGET.COM. Sah-sah saja jika POLRI merasa tersinggung dengan cover majalah maupun isi majalah TEMPO edisi 28juni-4 juli yang bertajuk: REKENING GENDUT PERWIRA POLISI. Wajar pula jika akhirnya POLRI meneruskan rencana gugatan hukumnya kepada redaksi TEMPO. Bukankah ini lebih baik daripada menggunakan POWER untuk melampiaskan ketersinggungannya, seperti kecenderungan di masa lampau.

Menurut saya nggak ada salahnya jika ada pihak yang merasa dirugikan oleh penerbitan pers, lalu mengajukan gugatan pidana atau perdata. Jika alasannya jelas dan tak mengada-ada, janganlah dianggap sebagai upaya mengkriminalkan pers.

Hal ini cukup adil. Jika pers dapat mempidanakan orang atau pihak yang menghalang-halangi tugas pers untuk memperoleh informasi, mengapa orang atau pihak yang merasa dirugikan oleh pemberitaan pers tak boleh melakukan hal yang sama?

Dimungkinkannya gugatan pidana terhadap pers, sepanjang alasannya jelas dan masuk akal, mestinya jangan dianggap sebagai upaya pembungkaman terhadap pers. Namun harus dianggap sebagai bagian dari pertanggung-jawaban pers atas pemberitaan yang mereka publikasikan.

Tetapi dalam kasus POLRI vs majalah TEMPO akan lebih menguntungkan POLRI jika menyelesaikannya dengan difasilitasi oleh Dewan Pers, seperti saat menyelesaikan kasusnya dengan TV-ONE terkait markus palsu. Gugatan hukum terhadap TEMPO justru merupakan reaksi kontraproduktif terhadap upaya POLRI untuk memperbaiki citranya di mata masyarakat.

Daripada meributkan soal cover dan pemberitaan makalah TEMPO, lebih baik POLRI, baik sebagai institusi atau pribadi perwira yang dituduh memiliki rekening yang meragukan, mengklarifikasi soal kebenaran tuduhan tersebut. Apalagi ada laporan resmi dari PPATK yang menyatakan hal yang sama: 20 Petinggi POLRI diindikasikan memiliki rekening yang mencurigakan.

Mungkin akan lebih gentle kalau POLRI menyerahkan pengusutan rekening tak wajar Petingginya kepada KPK. Hal ini lebih menggambarkan keseriusan POLRI untuk mengungkap secara jujur kasus ini. Apalagi masyarakat sedang tidak percaya lagi terhadap pemeriksaan dan penyelidikan internal POLRI, atas kasus yang melibatkan perwira-perwiranya.

Foto dokumentasi OKEZONE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s