Gratifikasi Adalah Sebuah Investasi…Ito Sumardi Jangan Naif

SUARABANGET.COM. Sebuah kemajuan besar jika KABARESKRIM POLRI Komjen Pol. Ito Sumardi berani menyatakan, bahwa benar ada aliran dana dari pihak luar ke rekening beberapa jenderal atau petinggi POLRI. Benar pula jika beliau mengatakan, pemberian itu belum tentu merupakan tindak pidana, sampai dapat dibuktikan secara hukum.

Namun sangat naif jika Komjen Ito sampai menyatakan, bahwa pemberian dari pihak luar itu, pemberian seorang teman atau seorang teman yang pengusaha, yang dilakukan secara sukarela, tidak mempunyai maksud dan tujuan tertentu.

Orang yang kurang cerdaspun sulit mempercayai, pemberian mobil mewah-rumah mewah-uang ratusan hingga milyaran rupiah, kepada seorang petinggi POLRI, Militer, Pejabat atau Pejabat Tinggi Negara dan Lembaga serta Instansi Pemerintahan lainnya, tanpa mengharapkan imbal balik apapun.

Bagaimanapun seorang pengusaha tetap pengusaha, meskipun dia mengaku atau diakui sebagai seorang teman. Bagi seorang pengusaha, pemberian kepada seorang jenderal POLRI atau pejabat tinggi lainnya adalah sebuah investasi. Sebuah investasi yang diharapkan akan memberikan keuntungan yang memadai, sekarang atau di masa depan.

Bahkan seorang pengusaha yang genius, sudah dapat memperkirakan pejabat atau perwira muda mana yang diperkirakan akan menduduki jabatan-jabatan penting di masa depan. Sehingga mereka akan menjalin hubungan baik dan berinvestasi secara dini terhadapnya.

Bagi seorang petinggi POLRI atau Pejabat Tinggi lainnya, yang pernah menerima gratifikasi dari seorang pengusaha sampai ratusan juta hingga milyaran rupiah, mustahil akan bisa menolak jika suatu waktu mereka membutuhkan BANTUANNYA. Untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu yang menguntungkan pengusaha temannya itu. Bahkan jika untuk melakukan hal tersebut dia harus mengkhianati institusi dan sumpah jabatannya.

Jadi tak ada bedanya apakah pemberian dari pengusaha atau pihak luar itu bersifat pribadi atau kedinasan, ujung-ujungnya adalah tuntutan balas budi, baik yang dilakukan secara halus atau terang-terangan. Sebuah tindakan yang akan mengarah ke tindak pidana, terutama bagi sang petinggi.

SAYA YAKIN SEORANG KOMJEN POLISI ITO SUMARDI, KABARESKRIM POLRI, PAHAM TENTANG HAL TERSEBUT DI ATAS. JANGAN NAIF, PAK!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s