Mengapa Kapolri Tak Berani Serahkan Para Jenderalnya Kepada KPK?

SUARABANGET.COM: Mungkin pernyataan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri benar, bahwa kasus rekening mencurigakan para jenderalnya telah selesai dan final. Sayapun tak akan mendebat beliau, jika yang dimaksud adalah SELESAI dan FINAL menurut pihaknya.

Namun Sang Jenderal lupa, bahwa belakangan ini sebagin besar publik tak percaya lagi kepada langkah-langkah internal POLRI untuk mengusut kasus-kasus yang melibatkan orang dalam. Hasil pengusutan yang dikatakan telah final tersebut, belum dapat memuaskan publik yang merasa masih ada hal yang ditutup-tutupi. Jadi apa yang membuat POLRI tetep NGEYEL mengusut sendiri rekening mencurigakan para petingginya? Mengapa POLRI tak mau bertindak lebih cerdas dan bijak dengan menyerahkan pengusutan rekening tak wajar 23 petingginya kepada KPK? Apa sulitnya melakukan hal ini?

Sebenarnya tidak sulit selama ada kemauan dan keberanian dari Kapolri dan petinggi lain yang masih punya nurani. Namun langkah ini sangat riskan, karena hal ini sama saja dengan menyerahkan ke-23 petingginya kepada kekuasaan hukum pihak lain, tanpa peluang untuk mengendalikan hasil akhirnya.

Kecuali mereka benar-benar bersih dari korupsi, penerimaan suap dan gratifikasi serta perbuatan melawan hukum lainnya, bahkan seorang Kapolri-pun tak akan berani menyerahkan diri kepada kekuasaan hukum pihak lain. Apalagi para bawahannya.

Saya berharap bukan alasan seperti tersebut di atas yang menyebabkan Kapolri keukeuh lebih memilih untuk melakukan pengusutan internal rekening tak wajar para jenderalnya, dari pada menyerahkannya kepada KPK.

Jadi apa alasan sebenarnya…?

One response to “Mengapa Kapolri Tak Berani Serahkan Para Jenderalnya Kepada KPK?

  1. romailprincipe Juli 25, 2010 pukul 2:32 pm

    Tidak berani mas…
    Tidak berani open audit..masih terlalu kotor.

    Mampir juga ke romailprincipe.com
    Mas ekodet….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s