Tindakan Basa-basi PEMDA DKI Yang Sudah Basi

SUARABANGET.COM. Boleh jadi rencana PEMDA DKI melibatkan secara langsung ORMAS dalam upaya penertiban tempat hiburan malam menjelang dan selama bulan puasa, merupakan kebijakan yang gegabah. Karena beberapa ORMAS telah dikenal luas sebagai kelompok yang lebih mengedepankan emosi dan kekerasan, serta susah dikendalikan.

Memang dari satu sisi hal ini dapat mengurangi aksi liar para ORMAS, namun di sisi lain dapat membuat mereka merasa besar kepala dan melakukan aksi penertiban liar di luar program resmi PEMDA.

Semestinya PEMDA DKI hanya melibatkan mereka sebatas melaporkan pelanggaran aturan PEMDA tentang tempat hiburan malam selama bulan romadhon. Sedangkan tindakan penertiban tetap menjadi domain aparat legal, yaitu SATPOL PP dan KEPOLISIAN.

Lagi pula apa sih pentingnya tindakan penertiban yang dilakukan secara temporer? Hal ini justru menunjukkan betapa PLIN-PLAN PEMDA yang menetapkan aturan khusus di bulan puasa. Kalau tempat-tempat hiburan tersebut mau ditertibkan, lakukan secara konsisten sepanjang waktu, dan tak perlu menunggu bulan puasa. Kalau mau dilarang, ya dilarang saja. Tak perlu mengkait-kaitkannya dengan penghormatan terhadap mereka yang melaksanakan ibadah puasa. Lagi pula, bagi mereka yang berpuasa murni karena Allah, tak akan minta dihormati oleh siapapun dan pihak manapun!

Umat Islam yang menjalankan ibadah puasapun tak akan terganggu dan kehilangan kekhusukannya meskipun tempat-tempat hiburan malam tetap buka seperti biasanya. Antara umat yang berpuasa dan mereka yang suka menghabiskan waktu di tempat hiburan malam, mempunyai batas-batas yang jelas . Mereka yang berpuasa dan rajin ke masjid, pasti tak akan keluyuran ke kafe atau klub-klub malam. Sebaliknya, mereka yang suka menghabiskan waktu di tempat-tempat hiburan malam, juga tak akan nyasar ke masjid. Mereka masing-masing telah memilih tempat yang berbeda dan nyaris tak bersinggungan.

Sekali lagi, penertiban tempat-tempat hiburan malam oleh PEMDA DKI dan PEMDA-PEMDA lain hanya menjelang dan selama bulan puasa, merupakan tindakan BASA-BASI yang sudah BASI!

One response to “Tindakan Basa-basi PEMDA DKI Yang Sudah Basi

  1. susiloadysaputro Agustus 5, 2010 pukul 9:32 am

    kayaknya susah buat PEMDA untuk menutup secara permanen,,memang tidak bisa dipungkiri kalau tempat hiburan seperti itu menjadi salah satu pemyumbang pajak terbesar untuk PEMDA,,lagi-lagi masalah duit..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s