Menguji Kembali Keterlibatan Abu Bakar Baasyir Dalam Aksi Terorisme di Indonesia

SUARABANGET.COM. Untuk kesekian kalinya ustad Abu Bakar Baasyir ditangkap polisi karena dugaan keterlibatan beliau dengan kegiatan teroris dan pelatihan militer ilegal di Aceh.

Bagi saya, dan mungkin anda, dugaan keterlebitan Baasyir dalam kegiatan teroris di Indonesia bukan sesuatu yang mustahil. Meskipun menurut beberapa tokoh ormas Islam hal tersebut tidak mungkin, karena konon beliau pernah mengatakan tidak setuju dengan rangkaian aksi teror. Namun dalam berbagai kesempatan saat mengomentari aksi teroris yang telah terjadi, beliau secara konsisten selalu menyatakan, bahwa para pelaku adalah seorang Mujahid, bukan teroris. Yang mereka lakukan juga bukan aksi terorisme, melainkan jihad untuk memperjuangkan Islam, meskipun menurut beliau caranya salah! Oleh karena itu para pelaku yang tewas, beliau katakan mati syahid.

Menurut saya pernyataan beliau di atas merupakan pemikiran yang cukup aneh dari seorang ustad. Bagi saya, untuk dapat disebut sebagai aksi jihad yang memperjuangkan atau membela Islam, bukan hanya TUJUANNYA YANG HARUS BENAR… CARA MELAKUKANNYA MUTLAK HARUS BENAR JUGA!

Jadi, prasangka atas keterlibatan Baasyir dalam berbagai aksi teror di Indonesia, sebenarnya juga karena pernyataan-pernyataan beliau sendiri yang cenderung permisif terhadap aksi teror, terutama yang terkait sasaran yang menyangkut kepentingan AS dan sekutunya. Meskipun beliau tahu para korban kebanyakan warga Indonesia yang beberapa diantaranya seorang muslim juga.

Bagi seorang muslim yang taat, untuk dapat melakukan aksi yang menurut kebanyakan orang dianggap biadab, tanpa merasa berdosa, tidaklah mudah. Dibutuhkan seseorang yang sangat kharismatik dan dipercaya apapun kata-katanya, yang mampu menanamkan atau mencuci otak mereka agar tidak merasa bersalah, dan menganggap aksi kejinya sebagai jihad. Disinilah mungkin peran para ustadz, seperti Abu Bakar Baasyir, sebagai guru idiologis. Selain kemungkinan keterlibatan secara langsung sebagai otak perencana dan pelaku terorisme.

Kita tunggu proses hukum selanjutnya terhadap ustadz Baasyir. Apakah polisi dapat membuktikan atau malah dimentahkan kembali oleh Baasyir, seperti yang dikatakan Tim Pembela Muslim dan para simpatisannya.

One response to “Menguji Kembali Keterlibatan Abu Bakar Baasyir Dalam Aksi Terorisme di Indonesia

  1. Si Pentung Agustus 13, 2010 pukul 9:39 am

    Kira-kira bagaimanakah aksi jihad yang menurut Anda itu benar?
    Terimakasih tanggapannya🙂

    (Eko Deto: seperti yang dilakukan Rosulallah, yang benar tujuan dan caranya! Yang tidak menyimpang dari moralitas Islam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s