Kemarahan Pemerintah Malaysia Merupakan Pengalihan Isue

foto kompas.comSUARABANGET.COM-Boleh-boleh saja Pemerintahan Presiden SBY terus berusaha memperbaiki hubungan Indonesia-Malaysia yang akhir-akhir ini cenderung memburuk. Asal jangan sampai Presiden menggadaikan harga diri bangsa dan negara. Lagi pula hal ini akan pernah berhasil, jika Pemerintah Malaysia melakukan upaya yang sama.

Dalam derajad tertentu, Pemerintah Indonesia tak perlu takut jika oleh karena suatu alasan hubungan RI-Malaysia terus memburuk, bahkan jika akhirnya menjurus ke konflik militer. Meskipun bukan ini yang kita inginkan.

Sejatinya Pemerintah Malaysia tahu, bahwa semua demo anti Malaysia yang marak di Jakarta dan kota-kota lain, dari yang sopan hingga yang brutal, merupakan reaksi atas aksi arogan pihak mereka sendiri. Mereka pasti paham, pelanggaran wilayah yang dilakukan Polisi Air Malaysia yang diperparah dengan penangkapan dan perlakuan tak menyenangkan terhadap tiga petugas KKP, merupakan pelanggaran yang serius.

Banyak yang berpendapat, reaksi keras Pemerintah Malaysia atas maraknya demo di depan Kedubes mereka di Jakarta, merupakan bentuk pengalihan dari isue yang sebenarnya, seperti yang saya kemukakan di atas.

Ancaman Malaysia yang akan mengeluarkan TRAVEL ADVISORY dipandang Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin seperti perilaku ORANG KAYA BARU yang tidak perlu kita takuti.

Sekali lagi saya berharap Pemerintah Presiden SBY dapat bersikap lebih tegas, dan tak perlu takut jika hubungan Indonesia-Malaysia terus memburuk hingga titik nadir. Yang penting kedaulatan dan harga diri bangsa terus terjada, dan hal ini adalah harga mati!

Foto dicopy dari kompas.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s