Wakil Ketua Komisi III DPR Ragukan Dua Calon Yang Diajukan Pansel KPK Ke Presiden

foto kompas.com

SUARABANGET.COM-Kepada tribunnews Fachry Hamzah menyatakan, janggal jika Pansel KPK mengajukan Busyro Muqodas dan Bambang Widjojanto kepada Presiden untuk diteruskan ke DPR. Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR ini, mereka berdua bukan dua calon yang terbaik. Beliau curiga ada alasan lain sehingga pansel memilih mereka berdua. Oleh karena itu Fachry minta dokumen wawancara mereka untuk diteliti.

Kalaupun benar dugaan tersebut di atas, tak sepatutnya Fachry Hamzah berkata seperti itu, sampai kedua calon Ketua KPK telah benar-benar diserahkan ke DPR untuk diuji.

Saya tak tahu apakah pernyataan Wakil Ketua Komisi III itu pendapat pribadi atau pendapat kolektif fraksi atau komisi berdasarkan alasan-alasan subyektif, atau atas kajian mendalam atas proses penjaringan yang dilakukan Pansel KPK?

Tahapan seleksi sudah jelas, penanggung jawab masing-masing tahappun sudah jelas. Bagi DPR, waktunya dimulai setelah kedua calon diserahkan kepadanya. Tak elok dan tak etis jika mereka mengkritisi sampai meragukan pelaksana tahap sebelumnya. Jika ternyata setelah mereka uji pak Busyro dan Bambang terbukti tidak layak…YA DITOLAK SAJA!

Lagi pula berdasarkan pengalaman, bukankah tak ada jaminan bahwa proses uji kelayakan kedua calon yang diajukan Presiden di DPR benar-benar steril dari konflik kepentingan anggota dewan, fraksi atau parpol?

Foto dicopy dari http://www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s