Prasangka Berlebihan Munarman Terhadap Revisi UU ORMAS

foto kompas

SUARABANGET.COM|Kecurigan Munarman bahwa revisi UU no 8 th 1985 tentang ORMAS bukan hanya upaya untuk membubarkan ORMAS anarkis, tetapi lebih merupakan gerakan politik untuk membubarkan seluruh ORMAS Islam, menurut saya sangat berlebihan.

Pernyataan tersebut mencerminkan sikap paranoid atau upaya nyata untuk membenturkan pemerintah dan aparat dengan ORMAS Islam.

Namun bisa dipahami mengapa Munarman sampai menyimpulkan begitu, karena ORMAS Islam tempatnya berkiprah, FPI, merupakan salah satu yang terang-terangan disebut oleh KAPOLRI di depan anggota DPR, sebagai ORMAS yang sering bertindak anarkis. Dua ORAMAS lainnya adalah FBR dan Forum Pemuda Betawi.

Meskipun berulang kali Munarman membantah FPI sering bertindak anarki, namun fakta di lapangan jelas-jelas menunjukkan demikian. Selalu ngotot bahwa bukti yang dimiliki polisi dan fakta yang tersiar di media masa sama sekali tidak benar, merupakan upaya berkelit yang kekanak-kanakan.

Justru tuduhan bahwa revisi UU tentang ORMAS yang mengatur soal pembekuan dan pembubaran ORMAS ANARKI sebenarnya diarahkan untuk membubarkan ORMAS Islam, merupakan PENGAKUAN TERSELUBUNG, FPI memang mempunyai kecenderungan bertindak anarki dan layak merasa khawatir.

Mestinya revisi UU no:8 tahun 1985 yang memungkinkan pembekuan dan pembubaran ORMAS ANARKI dijadikan alasan untuk bercermin diri. Apa sih kendala bagi yang mengaku ORMAS ISLAM untuk bertindak lebih santun dan simpatik?! EGO individu dan organisasi?!

Foto dicopy dari http://www.kompas.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s