Kasihan si BURT

foto kompas

SUARABANGET.COM | Kasihan si BURT, al Badan Urusan Rumah Tangga DPR, yang kini jadi fokus hujatan terkait proyek pembangunan gedung baru DPR senilai 1,6 trilyun. Bahkan Mustafa Kamal, Ketua Fraksi PKS sampai mewacanakan pembubarannya.

Padahal seperti yang dikatakan Ketua DPR Marzuki Alie, rencana pembangunan gedung baru DPR tersebut telah disepakati kesembilan Fraksi yang ada. Dan saya cenderung percaya kata-kata beliau, karena sebenarnya pembangunan gedung baru wakil rakyat ini pernah dibahas para wakil rakyat dengan sangat antusias sebelumnya. Meskipun akhirnya pembicaraan soal itu makin menghilang dengan makin kerasnya cercaan masyarakat. Dan belakangan ini muncul kembali ke permukaan sebagai sebuah proyek BURT yang akan segera direalisasikan, dengan beberapa kontroversi yang menyertainya.

Namun kali ini, mungkin karena tak mau kehilangan muka yang tersisa, semakin banyak saja anggota dewan yang terang-terangan menolaknya. Meskipun saya yakin, mayoritas dari mereka akan dengan senang hati mau menikmati kemewahannya, jika gedung baru itu benar-benar dibangun.

Berbeda dengan mereka yang menolak pembangunan gedung baru DPR tersebut, setelah melalui pemikiran alakadarnya, saya tak keberatan gedung baru itu tetap dibangun dengan segala kemewahannya. Meskipun mungkin tak perlu setinggi yang direncanakan. Tapi bukan untuk diberikan secara cuma-cuma kepada para anggota DPR. Mereka harus menyewanya. 50 juta pertahun mungkin tak terlalu mahal bagi sebagian wakil rakyat. Kalau ada 100 anggota saja yang menyewa, berarti ada 5 milyar per tahun untuk rakyat. Memang tak terlalu besar, tapi ya lumayanlah!

Jika tak banyak yang mau menyewa, mungkin karena mereka benar-benar tak punya banyak uang atau keberatan membayar fasilitas yang seharusnya gratis buat mereka. Atau…mereka memang benar-benar belum atau tidak memerlukan gedung baru!

Kembali soal BURT, kalau saya katakan kasihan pada mereka, sebenarnya tak kasihan-kasihan amat. Karena tak mustahil beberapa diantara mereka, termasuk beberapa anggota dewan, juga mendapat KEUNTUNGAN dari proyek ini. Tahukan apa yang kumaksud?

Foto dicopy dari http://www.kompas.com

One response to “Kasihan si BURT

  1. noblegrey September 5, 2010 pukul 11:59 am

    Ide bagus tuh. Dengan para wakil rakyat yang terhormat itu menyewa gedung itu, uangnya jadi tidak “hangus”. Dan para wakil rakyat itu bener2 ada gunanya bagi rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s