Kerusuhan Massa Paska Sidang Kasus Blowfish

foto-kompas

Bentrok massa di jalan Ampera-foto http://www.kompas.com

Sebuah ironi jika sidang pengadilan kasus kerusuhan yang menewaskan dua orang dari dua kelompok massa, melahirkan kerusuhan baru, dari dua kelompok yang sama, dan menyebabkan korban jiwa yang lebih besar.

Menurut catatan polisi dan media, bentrok antara dua kelompok yang berperkara dalam sidang pembunuhan di club Blowfish, menewaskan 3 orang dan 11 orang terluka. Dalam bentrok yang terjadi di jalan Ampera Raya, di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu, sebuah bus Kopaja sempat dirusak massa.

Boleh jadi kerusuhan di Blowfish awal april lalu dan bentrok paska sidang 29 september kemarin, tidak terjadi begitu saja. Namun merupakan puncak dari serangkaian konflik antar kedua kelompok yang sudah terjadi sejak lama. Entah dipicu oleh persaingan usaha atau wilayah usaha, yang merupakan hal yang wajar terjadi antara dua kelompok semacam itu.

Yang patut disayangkan lagi adalah tak terdeteksinya keberadaan anggota kedua kelompok yang bersenjata parang, pedang dan bahkan senjata api di sekitar jalan Ampera Raya, sehingga pengamanan aparat hanya difokuskan di dalam dan luar gedung Pengadilan Negeri. Sementara di luar parameter tersebut bebas berkeliaran tanpa ada pantauan dari aparat.

Jika hal ini bisa dianggap sebagai dosa polisi, mereka harus menebusnya dengan mengusut tuntas kasus bentrok di jl Ampera kemarin, dan segera menertibkan ormas-ormas yang cenderung bertindak anarki, dan kelompok-kelompok preman yang berkedok beragam organisasi massa.

Semoga kerusuhan dan bentrok massa yang terjadi di depan gedung PN Jaksel, dan kerusuhan-kerusuhan etnik seperti yang terjadi di Tarakan, akan segera menjadi masa lalu kita. Masa lalu yang sangat…sangat kelabu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s