Apa Pentingnya Berdebat Soal Pembatalan Kunjungan Presiden SBY ke Belanda?

foto

Presiden SBY-foto detikcom

Pro-kontra soal pembatalan kunjungan kenegaraan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke Belanda pada detik akhir keberangkatannya, adalah hal biasa. Keputusan pembatalan kunjungan ini terkait dengan adanya KORT GEDING atau prosedur yang dipercepat permohonan penangkapan Presiden RI yang diajukan wakil RMS kepada pengadilan Den Haag atas pelanggaran HAM, yang diajukan pada hari ini. Namun mungkin alasan yang dikemukakan Presiden terlalu vulgar, mengingat dunia politik dan diplomatik yang sarat basa-basi.

Saya jadi ingat alasan yang dikemukakan Presiden USA, Barack Obama, ketika dua kali membatalkan kunjungannya ke Indonesia. Semua orang tahu, bahwa pembatalan kunjungan kenegaraan itu terkait situasi dan kondisi di Indonesia yang kurang kondusif pada saat itu. Tapi dengan penuh basa-basi Presiden Obama dapat memberikan alasan penundaan yang dikaitkan dengan situasi dan kondisi dalam negeri yang mengharuskan keberadaannya di tempat.

Tetapi setelah pembatalan kunjungan terlanjur dikeluarkan, bagi saya pro-kontra tentang keputusan tersebut tidak menarik lagi. Meskipun masih relevan untuk diperdebatkan.

Bagi saya yang lebih menarik untuk dicermati adalah adalah tanggapan resmi dari Kerajaan Belanda atas pembatalan sepihak kunjungan Presiden RI, yang konon telah direncanakan sejak tahun 2007 itu. Dan tentu saja tanggapan balik dari Pemerintah RI jika Pemerintah Kerajaan Belanda keberatan atau mempermasalahkan pembatalan kunjungan tersebut.

One response to “Apa Pentingnya Berdebat Soal Pembatalan Kunjungan Presiden SBY ke Belanda?

  1. ton Oktober 7, 2010 pukul 8:52 am

    gitu aja kok repot… batal yo batal tho..
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s