Apa Kepentingan Gayus Lumbuun?

foto

Gayus Lumbuun-foto detikcom

Apakah Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPR dengan KPK kamis 7 oktober 2010, memang dirancang khusus sebagai ajang pembelaan terhadap Panda Nababan, seorang anggota Komisi III dari FPDIP, yang kebetulan telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pemilihan DGS BI Miranda Goeltom?

Atau pinter-pinternya yang bersangkutan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mengurusi kepentingan pribadi?

Seloroh Ahmad Yani, Politisi PPP, yang menyamakan status Panda Nababan dengan status pimpinan KPK, Chandra M. Hamzah dan Bibit Samad Riyanto yang sedang menunggu putusan PK terkait gugatan praperadilan Anggodo Widjaja, bisa dikesampingkan. Namun pernyataan pembelaan Prof Dr. Gayus Lumbuun yang menganggap Peradilan TIPIKOR dan penyidikkan oleh KPK sebagai Peradilan dan penyidikan yang sesat, layak ditanggapi secara serius.

Apa sih kepentingan seorang Gayus Lumbuun atas kasus yang menimpa 14 rekan separtainya, sampai beliau sampai hati menyatakan seperti tersebut di atas? Padahal seingat saya, kasus suap pemilihan DGS BI Miranda S. Goeltom justru mencuat ke permukaan setelah ada pengakuan dari rekan separtai: Agus Chondro.

Patut diduga bahwa kegarangan Gayus Lumbuun dalam melakukan pembelaan terhadap 13 rekannya, mungkin Agus Chondro bisa dikecualikan karena telah dianggap sebagai pengkhianat, merupakan personifikasi dari pembelaan PDIP, atas anggota partai yang telah berjasa. Mungkin perlu diadakan penyelidikan lebih lanjut, baik secara hukum maupun politik, apakah dana yang para tersangka terima berhenti di kocek masing-masing atau meluber ke partai atau untuk kepentingan partai?

Kenyataanya, GOLKAR yang sepuluh anggotanya dinyatakan sebagai tersangka, termasuk petingginya Paskah Suzzeta, lebih adem ayem merespon kasus ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s