Study Banding ke Luar Negeri Anggota DPR …Azas Manfaat atau Aji Mumpung?

foto

Ruhut Sitompul-foto http://www.kompas.com

Gurauan Ruhut Sitompul agar rekan-rekannya Anggota DPR dari Komisi VII pergi ke Jalur Gaza, jika ingin mempelajari tentang kerukunan hidup beragama dan praktek multi pluralitas, mungkin kurang tepat. Namun keinginan rekan-rekannya untuk melakukan study banding ke USA tentang hal tersebut, untuk mengoptimalkan kinerjanya masih sangat DEBATABLE.

Kalau study banding itu dimaksudkan untuk mengoptimalkan kesenangan mereka bepergian ke luar negeri atas biaya negara, banyak yang tidak meragukannya.

Seperti yang dinyatakan bang Ruhut, 13 orang rekannya dari Komisi VIII DPR, akan melakukan study banding ke USA, 9-16 oktober 2010, untuk mempelajari tentang Corporate Social Responsibility atau Social Security, perlindungan anak-gender dan praktek multi-pluralitas.

Mungkin maksud dan tujuan study banding tersebut baik. Namun banyak pihak yang meragukan efektivitas kegiatan semacam ini, untuk meningkatkan kinerja Anggota Dewan.

Menurut saya, optimalisasi kinerja Wakil Rakyat hanya dapat dicapai jika mereka mempunyai dedikasi yang tinggi untuk menyejahterakan rakyat yang diwakilinya. Mempunyai kemampuan yang tinggi untuk menyerap aspirasi rakyat, mengetahui apa yang benar-benar diinginkan rakyat, dan mewujudkannya.

Kalaupun diperlukan masukan-masukan atau contoh praktek-praktek pembuatan kebijaksanaan yang berhasil dilakukan di negara lain, toh dapat dilakukan study literatur mengenai hal tersebut. Jika oleh karena kerumitannya perlu dilakukan pengamatan langsung ke negara yang bersangkutan, cukuplah dikirim 2 atau tiga orang yang kredible untuk menyerap dan mengajarkan kepada anggota dewan yang lain. Mengapa harus memaksakan diri pergi ramai-ramai yang tentu saja menghabiskan lebih banyak anggaran negara?

Jangan-jangan kengototan para Anggota DPR untuk melakukan study banding keluar negeri beramai-ramai, tidak didasari sepenuhnya oleh AZAS MANFAAT, melainkan dilandasi sikap AJI MUMPUNG. Mumpung bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan gratis, mengapa tidak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s