PK DITOLAK…BIBIT DAN CHANDRA JANGAN LAGI MENGELAK

foto

Chandra dan Bibit-foto http://www.kompas.com

Jika absennya dua pimpinan KPK, Bibit dan Chandra, yang harus menjalani proses pengadilan dikhawatirkan akan mengganggu kinerja lembaga tersebut, sementara pengangkatan Plt Pimpinan KPK untuk menggantikannya terkendala oleh aturan Undang-undang, maka wajib dicarikan jalan keluarnya. Karena inilah inti permasalahan sebenarnya.

Upaya hukum atau politik untuk menghindarkan kedua Pimpinan KPK dari pengadilan yang mengharuskan mereka non-aktif dari tugas, kalaupun berhasil tak menutup peluang terulangnya kejadian serupa di masa depan. Jadi mengapa para pembela KPK terus ngotot?

Sebagai orang awam saya cukup heran dengan pernyataan seorang aktifis ICW Emerson Juntho, bahwa jika Plt Jaksa Agung Darmono tetap melimpahkan kasus Bibit-Chandra ke pengadilan dianggap telah melakukan blunder. Namun MENDEPONEER kasus ini sebagai upaya terakhir yang dapat dilakukan Kejaksaan, dapat dianggap sebagai upaya untuk menggantung status kedua Pimpinan KPK tersebut. Karena dengan deponeering, kasusnya bisa dianggap sudah tidak ada. Namun kecurigaan atau persepsi negatif terhadap Bibit dan Chandra atas kasus yang dijeratkan kepadanya akan terus menghantui. Jadi menurut saya, segala upaya yang dilakukan para pembela dan pelindung KPK serta Bibit-Chandra untuk menjauhkan mereka dari pengadilan, juga dapat menjadi sebuah blunder.

Saya terkesan dengan pernyataan pak Bibit Samad Rianto, Chandra M. Hamzah dan tim pengacara mereka yang tidak takut dan siap maju ke pengadilan. Dan sebaiknya tak ada lagi pihak-pihak yang berusaha menariknya mundur.

Kembali ke pernyataan awal saya, jika khawatir dengan non-aktifnya kedua Pimpinan KPK akan mengganggu kinerja lembaga anti korupsi ini, semua PECINTA KPK, harus mendorong Pemerintah dan DPR untuk memikirkan dan menciptakan mekanisme pengangkatan dan penggantian Pimpinan KPK, maupun Plt Pimpinan KPK, yang dapat mengantisipasi situasi darurat seperti sekarang ini. Agar situasi pelik seperti ini tak terulang kembali Jika untuk itu harus merevisi kembali Undang-undangnya, mengapa tidak?

KALAU MEMANG BENAR-BENAR CINTA KEPADA KPK…JANGAN SEPARUH HATI!

3 responses to “PK DITOLAK…BIBIT DAN CHANDRA JANGAN LAGI MENGELAK

  1. Singal Oktober 16, 2010 pukul 7:31 pm

    Bukankah seharusnya ICW mendukung keputusan MA?

    • Eko Deto Oktober 19, 2010 pukul 5:50 am

      Mereka pikir kalau Bibit dan Chandra diadili dan dinonaktifkan, KPK akan lumpuh, Bang Singal. Anehnya…mengapa ICW, dan yang lain, tak mau memikirkan, bagaimana caranya agar KPK tidak lumpuh jika ditinggalkao Bibit dan Chandra?

  2. Singal Oktober 19, 2010 pukul 10:36 am

    Benar bang Eko Deto!, menurutku Bibit dan Chandra akan lebih bahagia membuktikan kebenarannya di depan pengadilan. Mengenai pernyataa “KPK akan lumpuh kalau mereka tidak aktif”, adalah pernyataan yang absurd dan tak masuk diakal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s