Ajakan Menggulingkan SBY Hanya Gurauan?

foto

foto detik.com

Seruan atau gerakan untuk menggulingkan Presiden SBY adalah pekerjaan orang iseng, meskipun mereka tentu tidak menganggapnya demikian. Kalaupun memang ada alasan untuk melengserkan SBY, namun cara yang mereka lakukan sangat tak terarah dan tanpa pemimpin yang jelas dan berani memikul tanggung jawab besar.

Adanya pemimpin yang berani mengambil tanggung jawab dan gerakan penggulingan pemerintah yang berkuasa adalah satu paket. Kecuali jika gerakan tersebut memang sengaja dilakukan untuk menciptakan situasi kacau. Bukan keadaan yang lebih baik!

Tak ada sejarahnya sebuah upaya pergantian paksa penguasa atau pemerintahan, dilakukan tanpa adanya pemimpin yang berani dan tokoh yang akan menggantikan penguasa yang digulingkan.

Bercermin pada peristiwa 1998, yang meluap bagai air bah akibat tanggul jebol, tanpa arah dan tujuan yang jelas, yang meskipun berhasil memaksa Presiden Soeharto lengser, namun tak berhasil memunculkan tokoh sentral yang menjadi SATRIA PAMUNGKAS yang dapat menyejahterakan rakyat. Yang muncul adalah para opportunist yang saling sikut berebut kekuasaan yang ditinggalkan Soeharto.

Mungkin mereka berargumentasi bahwa setidak-tidaknya penggulingan SBY akan menciptakan kesempatan munculnya sebuah perubahan. Namun meskipun kesempatan untuk perubahan akan tercipta, jika tanpa ada persiapan yang matang untuk menyongsongnya, kesempatan itu akan terlewatkan dan terus terlewatkan.

Harus dipahami bahwa penggantian kekuasaan, apalagi yang dilakukan melalui upaya paksa, adalah sebuah tindakan serius yang memerlukan pemikiran dan perencanaan matang. Bukan tindakan coba-coba dan asal-asalan yang hanya dilandasi nafsu amarah dan kebencian. Dan jelas bukan sebuah tindakan iseng, dari orang-orang yang mengaku sebagai insan intelektual yang beradab!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s