Merapi Meletus…15 Tewas…Mbah Maridjan Belum Ditemukan

foto

Letusan Merapi-foto kompas.com

Setelah melalui beberapa fase, akhirnya gunung Merapi di Jawa Tengah, diberitakan meletus sekitar pukul 17.00 wib. Jika mengikuti tahapan status aktivitas gunung Merapi dan prosedur baku penyelamatan penduduk sekitar, mestinya tidak ada lagi pengungsian besar-besaran pada detik-detik akhir letusan.

Namun faktanya beberapa penduduk berkeras hati tetap tinggal di rumahnya, meskipun perintah pengungsian telah dikeluarkan. Keyakinan bahwa letusan tak akan terjadi, atau efek letusan tak akan sampai ke tempat mereka, menjadi alasan utama keengganan mereka untuk mengungsi.

Yang paling fenomenal adalah keengganan juru kunci Merapi, mbah Maridjan, dan beberapa warga desa Kinahreja yang berjarak 4-6 km dari gunung Merapi. Pada tahun 2006, prediksi sang juru kunci Merapi, bahwa tidak akan terjadi letusan terbukti tepat. Sehingga mereka selamat.

Namun kali ini kejadiannya cukup tragis. Sampai pukul 01.00 wib 27 oktober 2010, seperti yang diberitakan METROTV, 15 orang ditemukan tewas di desa tempat tinggal mbah Maridjan, termasuk seorang wartawan VIVANEWS.COM Yuniawan Waluyo Nugroho dan seorang dokter. Empat orang diantaranya ditemukan tewas di rumah mbah. Maridjan.

Belum diketahui pasti nasib mbah Maridjan, yang pada tahun 2006 berani menolak perintah Sultan Hamengkubuwono X untuk turun gunung. Apakah beliau termasuk dalam 15 orang yang tewas atau selamat dari terjangan awan wedhus gembel dan bersembunyi entah dimana!

Semoga kita masih dapat mendengar seruan sang juru kunci Merapi yang fenomenal tersebut. ROSA!

One response to “Merapi Meletus…15 Tewas…Mbah Maridjan Belum Ditemukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s