Menguji Keiklasan PKS dan PARPOL Lain Dalam Membantu Korban Bencana

foto

Anis Mata-foto detikcom

Berbeda dengan bencana gempa bumi dan tsunami di Mentawai yang menelan ratusan korban jiwa, bencana letusan gunung Merapi seharusnya tidak lagi menelan korban jiwa. Karena dibandingkan gempa di Mentawai yang terjadi secara mendadak, letusan gunung Merapi telah diprediksi waktu terjadinya beberapa hari sebelumnya. Evakuasi penduduk disekitar daerah yang dianggap berbahayapun telah dilakukan. Namun celakanya tidak semua penduduk mau dievakuasi ke pos-pos pengungsian yang telah disediakan. Mengapa?

Salah satu penyebab enggannya beberapa penduduk untuk dievakuasi adalah, ketidaknyamanan hidup di pos-pos pengungsian, padahal mereka harus tinggal di sana dalam waktu yang cukup lama. Faktor lain adalah tidak adanya fasilitas untuk memelihara ternak, sehingga mereka segera kembali ke desa meskipun keadaan belum aman.

Oleh karena itu, menanggapi permintaan Sultan Hamengku Buwono X, melalui pernyataan Sekjennya Anis Matta, PKS akan membangun barak pengungsian yang lebih nyaman. Sesuatu yang perlu diapresiasi positif, namun harus benar-benar dilandasi keinginan nurani untuk membantu korban bencana.

Tentu saja kita tak menafikan adanya MAKSUD LAIN dari pemberian bantuan, terutama yang dilakukan oleh sebuah PARPOL, tak terkecuali PKS. Munafik kalau mereka tak mau mengakui hal ini. Akan tetapi hendaknya dilakukan dengan cara-cara yang lebih elegant dan tidak vulgar! Karena akan terkesan manipulatif dan tak manusiawi banget!

Terus terang saya merasa tidak nyaman, sekaligus tersenyum sinis, melihat orang-orang dengan berbagai atribut PARPOL, di tengah-tengah warga yang sedang tertimpa bencana. Meskipun saya akui keberadaan mereka sangat bermanfaat, untuk mengkompensasi amburadulnya penanganan korban bencana oleh pemerintah dan lembaga terkait.

Menurut pemikiran saya, cara termudah untuk meretas egoisme dan sikap opportunist PARPOL yang tidak pada tempatnya, adalah dengan mengajak PARPOL lain untuk bergabung dalam upaya terpadu meringankan beban warga korban Merapi, atau gempa di Mentawai, atau bencana di tempat-tempat lain. Serta bersepakat untuk meninggalkan atribut dan propaganda PARPOL di kantor mereka masing-masing.

Hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi masalah utamanya…APA MEREKA MAU?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s