Bukan Saatnya Berdebat dan Adu Pintar

korban merapi ti-2010-11

Evakuasi korban Merapi-foto tempointeraktif

Sebuah kebiasaan buruk jika kita terbiasa berdebat dan memamerkan kemampuan tentang cara-cara terbaik menanggulangi bencana dan penanganan terhadap korban, setelah bencana terjadi. Karena saat ini adalah waktunya untuk beraksi, bukan waktu yang tepat untuk pamer pengetahuan dan kemampuan.

Tak terkecuali bagi Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia.
Mengkritik Pemerintah dan BPBN dalam menangani korban bencana Merapi dan Gempa di Mentawai melalui media, mengesankan ada yang beliau inginkan di luar apa yang diucapkan.

Sebagai mantan Wakil Presiden dan Ketua Umum PMI, jika mempunyai ide atau cara-cara yang lebih baik untuk menangani korban bencana, beliau pasti tahu kepada siapa atau lembaga mana hal tersebut dapat diutarakan. Beliau pasti memiliki akses langsung ke Pemerintah dan lembaga terkait. Dan bersama-sama mereka, beliau dapat melakukan banyak hal yang sangat bermanfaat, dibandingkan hanya sekedar bicara di media.

Semua pihak pasti menyadari bahwa para pengungsi tak akan menjadi kenyang dan hidup nyaman di tempat pengungsian, mendengar atau melihat PARA PAKAR bicara atau berdebat tentang cara terbaik membantu mereka.

Pemerintah dan lembaga terkaitpun tak perlu panas telinga dan panas hati menanggapi suara-suara miring soal pelaksanaan tugas mereka. Mereka harus tetap fokus pada upaya terbaik menanggulangi bencana dan mengurusi para korbannya. Mereka harus menjawab kecaman dan kritik dengan aksi nyata yang lebih baik dan lebih efektif. Berusaha merangkul pihak lain yang membantu dalam satu koordinasi, agar tak terjadi tumpang tindih dan tidak meratanya distribusi bantuan.

Semua komponen masyarakat dan individu yang turut membantu korban bencana, juga harus mau melepaskan ego dan mengkoordinasikan kegiatannya dengan Pemerintah dan lembaga terkait, agar tercipta sinergi yang mempunyai dampak lebih baik.

Masih banyak waktu yang lebih tepat untuk berdebat serius atau bahkan debat kusir tentang bagaimana sebaiknya Pemerintah, dan kita, menanggulangi bencana dan membantu para korban. Tapi sekali lagi…BUKAN SEKARANG!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s